Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar

A. KONSEP GERAK
1. Gerak Lurus

 Gerak adalah perubahan kedudukan suatu benda dari posisi awal. Benda dikatakan bergerak ketika benda mengalami perpindahan atau menempuh suatu jarak tertentu. Berdasarkan lintasannya, gerak terbagi menjadi 3 jenis, yaitu gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak melengkung (parabola). Benda yang bergerak pada lintasan lurus disebut gerak lurus. Nah, gerak yang akan kita bahas kali ini adalah konsep gerak lurus.
Well, gerak mengenal istilah jarak dan perpindahan. Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh benda tanpa memperhatikan arahnya. Sementara itu, perpindahan didefinisikan sebagai panjang lintasan, namun memperhatikan arah atau kedudukan awal dan akhir benda tersebut. 
konsep gerak lurus
  • Kecepatan rata-rata merupakan perbandingan perpindahan benda dengan waktu tempuh. Kecepatan merupakan besaran vektor, karena memiliki besar dan arah. Kecepatan rata-rata merupakan perubahan perpindahan (posisi) yang ditempuh oleh benda tiap satuan waktu.
  • Kelajuan rata-rata merupakan panjang lintasan (jarak) yang ditempuh oleh benda tiap satuan waktu.
  • Gerak Lurus Beraturan (GLB)
  • Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
konsep gerak lurushttp://fisikazone.com/wp-content/uploads/2015/03/Grafik-GLBB.jpgJadi pengertian Gaya adalah dorongan atau tarikan yang diberikan pada suatu benda. Untuk melakukan suatu gaya, diperlukan tenaga. Gaya dan tenaga mempunyai arti yang tidaksama, namun keduanya saling berhubungan. Gaya tidak dapat dilihat, tetapi pengaruhnya dapat dirasakan. Tarikan dan dorongan yang dilakukan memerlukan tenaga. Gaya ada yang kuat dan ada pula yang lemah. Makin besar gaya dilakukan, makin besar pula tenaga yang diperlukan. Besar gaya dapat diukur dengan alat yang disebut dinamometer. Satuan gaya dinyatakan dalam Newton (N). Gaya dapat memengaruhi gerak dan bentuk benda. Gerak adalah perpindahan posisi atau kedudukan suatu benda. Bentuk benda adalah gambaran wujud suatu benda.

Sifat-sifat Gaya

  1. Besar kecilnya ditentukan oleh besar kecilnya tarikan atau dorongan
  1. Gaya dapat mengubah bentuk suatu benda
  1. Gaya dapat mengubah arah gerak arah atau gerak suatu benda
Rumus Hukum Newton 1
Contoh Hukum Newton 1

  1. Saat menaiki mobil yang bergerak cepat kemudian di rem penumpang akan terdorong kedepan.
  1. Mobil berjalan keadaan pelan kemudian mendadak menginjak gas maka penumpang akan tercondong ke belakang.
  1. Jika meletakkan misalnya koin pada atas kain kemudian kain tersebut di Tarik secara cepat, maka koin tersebut akan tetap.
Hukum Newton 2
Rumus Hukum Newton 2
Contoh Hukum Newton 2

  1. Menarik gerobak mengangkut pupuk dari rumah ke lading
  1. Jika di tarik dengan gaya yang sama mobil-mobil yang masasanya lebih besar (ada beban) percepatannya lebih kecil, sedangkan pada mobil-mobilan yang sama (massa sama) jika ditarik dengan gaya yang lebih besar akan mengalami percepatan yang lebih besar pula.
  1. Mengiring bola pada permukaan datar
Hukum Newton 3
Rumus Hukum Newton 3
Gaya Gesek

Gaya Berat
Gaya Sejenis
Contoh Hukum Newton 3

  1. Pada saat duduk pada kursi busa, berat badan akan menekan kursi kebawah, sedangkan kursi akan menahan berat badan keatas.
  1. Melempar bola pada dinding maka bola akan berbalik dengan kekuatan sama
  1. Jika seseorang memakai sepatu roda dan mendorong dinding, maka dinding akan mendorong sebesar sama dengan gaya yang kamu keluarkan tetapi arahnya berlawanan, sehingga orang tersebut terdorong menjauhi dinding.
Contoh Soal
1. Rangka dapat menguatkan dan menegakkan tubuh
2. Rangka menentukan bentuk tubuh
3. Rangka merupakan tempat melekatnya otot
4. Rangka dapat melindungi tubuh yang penting

  • Struktur tulang

Pembentukan
Fungsi
Klasifikasi tulang
Tulang panjang
Tulang pendek
Tulang pipih
Tulang yang tidak teratur
Tulang sesamoid

  • Macam-Macam Tulang pada Sistem Rangka
  • KERANGKA AKASIAL
  • Tulang Tengkorak
  • Tulang belakang
  • Tulang Rusuk dan Tulang Dada.
  • 7 pasang “tulang rusuk sejati” (true ribs)
  • 3 pasang “tulang rusuk palsu” (false ribs), dan
  • 2 pasang “tulang rusuk melayang” (floating ribs)
  • Anggota Gerak Atas,
  • Anggota Gerak Bawah, dan
  • Tulang Panggul
  • 2 tulang usus (ilium),
  • 2 tulang kemaluan (ischium), dan
  • 2 tulang duduk (pubis)
  • Tulang Tengkorak (Skull)
rangka tubuh manusia
  • Tulang Belakang (Vertebrae)
  • Leher – 7 ruas
  • Bagian Dada/Punggung – 12 ruas
  • Pinggang – 5 ruas
  • Sacrum – 1 ruas
  • Tulang Ekor – 1 ruas
  • Tulang Rusuk dan Tulang Dada (Ribs & Sternum)
  • KERANGKA APENDIKULAR
  • Anggota Gerak Atas (Upper Limbs)
  • Anggota Gerak Bawah (Lower Limbs)
  • Tulang Panggul (Pelvic Girdle)
  • perkembangan tulang

 Ilustrasi jarak dan perpindahan (sumber gambar: mediabali.net)
Kecepatan dan Kelajuan Rata-Rata
konsep gerak lurus
 konsep gerak lurus
Gerak lurus dibedakan menjadi 2, yaitu gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB).
GLB merupakan gerak benda pada lintasan lurus dengan kecepatan yang tetap atau tanpa percepatan.
Secara matematis, rumus GLB ditulis sebagai berikut:
Capture-45.png
Grafik GLB v terhadap t (sumber: brainly.co.id)
GLBB merupakan gerak lurus suatu benda yang kecepatannya berubah karena adanya percepatan tetap. Maksud percepatan tetap ialah percepatan selalu sama terhadap waktu. Karena adanya percepatan, rumus jarak yang ditempuh tidak lagi linier, melainkan kuadratik.
 Capture-46.png
Ketentuan :
(+) saat benda dipercepat , jadi vt > v0
(-) saat benda diperlambat, jadi vt < v0

Grafik GLBB (sumber gambar: fisikazone.com)


2. Gaya




2. Hukum Newton


Rumus Hukum Newton 1
Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya.
Rumus Hukum Newton 2
Jika suatu benda memberikan gaya pada benda lain maka benda yang dikenai gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang di terima dari benda pertama tetapi arahnya berlawanan.
Rumus hukum newton 3 ada tiga yaitu gaya gesek, gaya berat dan gaya sejenis.
Gaya Gesek
Gaya Berat
Gaya Sejenis
1. Sebuah balok bermassa 5 kg (berat w = 50 N) digantung dengan tali dan diikatkan pada atap. Jika balok diam maka berapakah tegangan talinya?
Jawab:
Gaya-gaya yang bekerja pada balok seperti gambar di bawah ini, karena balok diam, maka berlaku hukum I Newton yaitu sebagai berikut.
Contoh Soal
Jadi, gaya tegangan tali yang bekerja pada balok tersebut adalah 50 Newton.
2. Benda bermassa 10 kg diikat tali dan dibentuk sistem seperti pada gambar (a) berikut ini. Jika sistem itu diam dan percepatan gravitasi g = 10 m/s2maka tentukan tegangan tali T1 dan T2!
Contoh Soal2
Berat benda adalah sebagai berikut.
w = mg
w = 10 kg × 10 m/s2
w = 100 N
Dengan menggunakan metode analisis sama seperti pada contoh soal sebelumnya di mana diagram gaya ditunjukkan pada gambar (b), maka resultan gaya yang bekerja pada sistem ini adalah sebagai berikut.
Sumbu y
Sumbu x
Demikian penjelasan mengenai hukum newton 1 2 3, penjelasan, bunyi, dan contoh. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta informasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.
B. SISTEM GERAK MANUSIA
1. Rangka
Adapun beberapa fungsi rangka pada tubuh manusia yaitu antara lain:
Bayangkan jika tubuh manusia tidak dilengkapi oleh rangka, mungkin tubuh tidak akan kokoh dan kuat dalam menopang tubuh, berdiri, berlari ataupun berjalan. Dengan bentuk telapak kaki yang panjang dan kuat serta cukup panjang, kita bisa berdiri dengan tegak.
Dengan adanya rangka, tubuh kita jadi memiliki bentuk yang sempurna dan indah. Bahkan dengan adanya rangka, setiap bentuk tubuh manusia dapat dibedakan. Seperti : ada orang yang tinggi badannya, ada juga yang pendek, ada yang memiliki jari-jari panjang, ada juga yang pendek, dan lain sebagainya.
Tanpa rangka, otot-otot tidak memiliki tempat untuk melekat. Jika otot tidak memiliki tempat untuk melekat, maka anggota badan akan kaku dan tidak bisa digerakkan. Otot bekerja dengan cara relaksasi dan kontraksi. Disitulah rangka bekerjasama dengan otot untuk melakukan suatu gerakan. Misalnya, dalam menggerakkan lengan itu dipengaruhi dengan otot yang ada di tulang lengan bagian atas yakni otot bisep & trisep.
Kita ketahui bahwa tulang merupakan bagian tubuh yang paling keras. Dengan bentuknya yang keras, maka tulang berfungsi dalam melindungi bagian dalam tubuh yang cukup rapuh atau mudah terluka dan rusak jika terkena benda keras. Beberapa fungsi itu antara lain.

Salah satu struktur yang paling penting dan kompleks dalam tubuh Anda adalah tulang. Tulang dikenal sebagai bagian tubuh yang kuat, keras dan tak bernyawa. Namun pada kenyataannya, tulang terbuat dari, sel-sel hidup aktif yang mampu tumbuh, memperbaiki diri, dan berkomunikasi dengan bagian lain dari tubuh Anda. Mari kita lihat lebih dekat apa yang tulang Anda dapat lakukan dan bagaimana mereka melakukannya.
Bentuk dan struktur tulang kerangka kita ditentukan oleh berbagai faktor: genetik, metabolisme dan faktor mekanik. Pembentukan tulang kita mulai di dalam rahim ibu kita sebelum kita dilahirkan. Faktor metabolik juga penting. Zat-zat seperti: kalsium, fosfor, vitamin A, C dan D dan sekresi hipofisis, tiroid, adrenal paratiroid dan gonad juga terlibat dalam pembentukan tulang kita. Bahkan setelah melahirkan, zat ini terus memainkan peranan penting dalam pembentukan tulang baru. Kurangnya vitamin D dan kalsium  khususnya dapat menyebabkan banyak penyakit tulang seperti rakhitis dan massa tulang yang rendah, membuat  tulang rusak dengan mudah. Tulang kita dibentuk oleh gerakan kita dan kebutuhan tubuh kita.
Seperti tiang rumah, Anda perlu tulang yang kuat untuk mendukung seluruh tubuh Anda dan untuk melindungi organ-organ Anda. Tanpa tulang, maka akan sulit untuk menjaga tubuh berdiri tegak. Tulang lengan atas dan bawah bertindak sebagai tuas untuk membantu Anda bergerak, mendorong dan menarik dengan bantuan otot.Fungsi tulang Anda sebagai tempat penyimpanan untuk mineral lemak dan banyak zat penting lainnya sehingga zat-zat ini tersedia ketika tubuh Anda membutuhkannya. Bahkan, 97% dari kalsium tubuh disimpan dalam tulang. Tulang menyediakan gudang yang mudah diakses untuk mineral yang akan diambil dan dipindahkan ke aliran darah untuk sampai ke bagian lain dari tubuh Anda bila diperlukan.
Tulang melindungi tubuh Anda dari keretakan. Tulang membentuk lapisan yang kuat di sekitar organ dalam tubuh. Tulang juga diperlukan kadang-kadang untuk fungsi organ. Misalnya, untuk bernapas Anda perlu menggunakan tulang rusuk Anda. Tulang rusuk bertindak sebagai perisai untuk melindungi paru-paru dan jantung.
Tulang dianggap sebagai pemegang sumsum. Tulang memainkan bagian penting dalam membuat sel-sel darah. Stem sel yang digunakan untuk membuat sel-sel darah merah dan putih banyak ditemukan di sumsum tulang.
Tulang kerangka terdiri dari banyak tulang yang membentuk berbagai bentuk, fungsi, lokasi, panjang dan berat. Cara termudah untuk mengklasifikasikan tulang adalah dengan bentuknya, yang meliputi 5 jenis:
Tulang panjang merupakan tulang khas untuk anggota badan. Anda bisa menebak dari nama tulang panjang yang mana tulang yang lebih panjang dari lebarnya. Karena sering ditemukan pada tungkai, tulang ini berfungsi untuk memberikan kekuatan, struktur, dan mobilitas. Bagian dalam dari tulang panjang cukup kenyal meskipun bagian luarnya keras. Tulang-tulang spons mengandung banyak sumsum tulang kuning dan sumsum tulang merah, yang mampu menghasilkan sel-sel darah.
Tulang panjang termasuk femora, tibiae dan fibulae kaki, humeri, jari-jari, dan ulnae dari lengan; metacarpals dan metatarsal dari tangan dan kaki, falang jari tangan dan jari kaki, dan klavikula atau tulang leher. Sebuah tulang panjang memiliki poros dan dua ujung.
Tulang pendek memiliki lebar yang sama dengan panjangnya. Tulang ini berbentuk seperti kubus yang membentuk sendi di tulang. Menariknya, seiring Anda tumbuh, ukuran tulang-tulang ini tidak banyak berubah dibandingkan dengan tulang panjang. Tulang inj terbuat dari lapisan kulit luar yang keras dan sebagian besar adalah tulang spons. Fungsi tulang ini adalah untuk memberikan dukungan dan stabilitas untuk gerakan tubuh kita.
Tulang pendek ditemukan di pergelangan tangan dan pergelangan kaki, carpals dan tarsals.
Tulang pipih merupakan tulang yang berbentuk  piringan yang kuat, keras dan datar. Tulang ini terdiri dari lapisan tulang spons dengan dua lapis tipis tulang kompak. Tulang pipih merupakan tempat pembentukan sel darah merah yang paling banyak.
Anda dapat dengan mudah menemukan tulang pipih di bahu Anda, tulang dada, tengkorak dan tulang pinggul.
Tulang ini tidak masuk kategori apapun, dikenal sebagai tulang tidak teratur. Tulang tidak teratur biasanya berfungsi sebagai pelindung jaringan saraf, menjaga dukungan faring, membentuk lidah, dll
Contoh yang baik dari tulang tidak teratur adalah tulang belakang dan tulang rahang bawah. Pada tulang belakang yang mana tulang yang tidak teratur kebanyakan ditemukan, memiliki 33 tulang yang tidak teratur.
Tulang sesamoid biasanya tertanam di tendon atau otot. Tulang-tulang ini memberikan dukungan pada tendon, terutama di mana tendon mudah terkena gesekan, seperti lutut, tangan, di pergelangan tangan. Fungsi utama dari sesamoid adalah untuk melindungi tendon.

Tulang-tulang yang menyusun rangka tubuh kita terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kerangka aksial dan kerangka apendikular. Kerangka aksial meliputi 80 tulang pada manusia, sedangkan kerangka apendikular terdiri dari 126 tulang.
rangka tubuh manusia
sumber gambar: britannica.com
Kerangka aksial berfungsi untuk melindungi organ dan memelihara postur tubuh. Tulang yang termasuk dalam kerangka aksial antara lain;



Tulang tengkorak tersusun dari 22 tulang yang bergabung bersama, kecuali bagian rahang (mandibula). Tulang ini berperan dalam membentuk kepala manusia dan melindungi organ dalam, seperti otak dan mata. Bagian-bagian pada tulang tengkorak terdiri dari kraniummandibula, dan maksila.
rangka tubuh manusia
sumber gambar: http://teachmeanatomy.info
Fungsi dari tulang ini adalah untuk menopang bagian tubuh lainnya. Tulang belakang pada manusia terdiri dari 26 ruas. Bagian-bagian pada tulang belakang dibedakan berdasarkan lokasinya;

rangka tubuh manusia
sumber gambar: https://howshealth.com
Tulang rusuk dan dada berfungsi untuk melindungi organ jantung dan paru-paru. Tulang rusuk bergabung dengan tulang dada karena dihubungkan oleh tulang rawan yang bernama kosta.
Pada bagian toraks (rongga dada) kita, terdapat 12 pasang tulang rusuk dan dada. Susunannya terbagi menjadi 3 bagian, yaitu;
Fungsi utama dari kerangka apendikular adalah sebagai penggerak tubuh. Tulang yang termasuk ke dalam kerangka apendikular di antaranya adalah;
rangka tubuh manusia
sumber gambar: https://humananatomy-libs.com
Tangan atau lengan merupakan anggota gerak bagian atas. Tulang pada bagian lengan terdiri dari tulang lengan atas (humerus), pengumpil (radius), dan hasta (ulna). Selain itu, tulang pada bagian telapak tangan disebut juga dengan metakarpal.
rangka tubuh manusia
Manusia menggunakan kaki sebagai anggota gerak bagian bawah. Tulang pada kaki terdiri dari tulang paha (femur), betis (fibula), dan tulang kering (tibia). Sementara bagian telapak kaki tersusun dari tulang yang bernama metatarsal.
rangka tubuh manusia
sumber gambar: http://www.123tagged.com
Tulang panggul atau gelang panggul berfungsi untuk menghubungkan kaki dengan kerangka aksial. Bagian-bagian tulang panggul terdiri atas;
rangka tubuh manusia

  • perkembangan tulang
Tulang merupakan salah satu alat gerak tubuh yang bekerja secara pasif.  Tulang terdiri dari berbagai mineral sehingga memiliki bentuk yang kokoh dan keras. Proses pembentukan ini disebut juga  osifikasi. Bagaimanakah proses osifikasi tulang berlangsung? Artikel berikut akan menjelaskannya secara sederhana.
tulang
Pembentukan tulang dimulai sejak manusia masih berada di dalam perut sang ibu (janin). Proses pertumbuhan tulang pada masa ini merupakan proses penulangan primer dimana tulang yang terbentuk merupakan tulang rawan (kartilago) sehingga tulang yang dimiliki masih lunak, contohnya tulang pada bayi.
Setelah dilahirkan, tulang bayi akan mengalami pertumbuhan hingga usia 20 tahun. Pertumbuhan yang dimaksud di sini adalah perpanjangan tulang. Hal ini dikarenakan bagian epifise tulang akan menyatu dengan bagian diafisis sehingga kemungkinan tulang manusia untuk bertambah panjang sangat sedikit, namun penebalan / pemadatan tulang masih dapat  terjadi.
Osifikasi tulang
Proses pembentukan tulang atau osifikasi terjadi pada bagian tengah tulang terlebih dahulu kemudian disusul oleh bagian ujung tulang. Pada bagian tengah tulang terdapat banyak osteosit (sel tulang) yang akan tumbuh sehingga membentuk tulang sejati / tulang kompak. Tulang yang terbentuk pada bagian ini lambat laun akan membentuk rongga sumsum tulang dan akan diisi oleh pembuluh darah pada bagian dalamnya. Pada saat yang sama proses pembentukan tulang juga berlangsung pada bagian ujung tulang / epifisis. Dengan demikian pertumbuhan tulang pada bagian epifisis dan diafisis akan bertemu dan membentuk tulang yang kokoh. Semoga bermanfaat.
2. Sendi
Sendi adalah bagian tubuh yang menghubungkan tulang-tulang kita. Bayangkan, di tubuh kita terdapat 206 tulang yang harus saling terhubung satu sama lain. Itu artinya, tanpa sendi, tulang-tulang kita hanya akan mengambang di dalam otot tanpa ada yang menyatukan. Tanpa sendi, tulang hanya akan deketan, tapi tak bisa menyatu. Tanpa sendi, tulang jadi sendu.
jumlah sendi di tubuh manusia
Ya ya ya, banyak sekali bukan? Bayangkan semua sendi itu mengisi tubuh kita. Tiga. Ratus. Enam. Puluh. Sadis. Yah, meskipun ada begitu banyak sendi di dalam tubuh kita, tetap cuma dia yang mengisi hatiku. Sebentar… ini kenapa mendadak curhat ya?
Oke, tidak mungkin kita membahas 360 sendi itu satu per satu. Bisa-bisa nyeri sendi leher bacanya. Pertama, kita harus tahu dulu seperti apa sih bentuk sendi itu? Benda seperti apa yang katanya “menghubungkan” tulang-tulang kita? Apakah cair menyerupai lem? Atau lembek kayak nasi?
Well, jawabannya… beda-beda.
sendi engselAda yang tahu ini sendi apa? (sumber: giphy.com)

Meskipun fungsinya sebagai penghubung antartulang, tapi sendi tidak berbentuk seperti cairan kayak lem. Sendi juga tidak selembek nasi. Sendi juga tidak keriting, bersuara indah, dan jago main gitar karena kalau itu namanya… Sendi Sandhoro
shandy sondoro
ITU SHANDY BHANG! (sumber: medcom via YouTube)
Satu hal yang pasti, sendi ini menyerupai “bantalan” yang berada di antara tulang-tulang kita. Dan, sama halnya seperti tulang, bentuk sendi juga berbeda-beda. Kok bisa gitu? Ya karena sendi kita “mengikuti” bentuk tulang yang ada. Ini bukan berarti tulang pipa di kaki dihubungkan dengan sendi yang berbentuk pipa juga ya…
Dan ya, seperti yang dibahas di awal, sendi dapat membantu kita untuk bergerak. Tapi, tidak semua sendi membantu secara aktif menggerakkan tulang-tulang kita. Ada juga beberapa sendi yang tidak bisa bergerak sama sekali. Makanya, kita dapat membagi sendi ke dalam 3 jenis, berdasarkan sifat gerakannya:
macam-macam sendi berdasarkan sifat gerakannya
Sendi Mati (Sinartrosis)
Sedih banget sendi yang ini. Dari namanya, jelas kalau sendi mati adalah sendi yang tidak bisa bergerak. Diam. Mati. Mungkin, awal mula dari sendi mati adalah keseringan sendi… rian. Contoh: Sendi yang terdapat pada tulang tengkorak.
Sendi Kaku (Amfiartrosis)
Sendi kaku adalah sendi yang dapat digerakkantapi terbatas. Memang agak-agak posesif gitu dia. Tidak bisa bebas dan agak terkekang. Contoh: Sendi yang terdapat pada tulang antarruas tulang belakang dan tulang rusuk. 
Sendi Gerak (Diartrosis)
Seperti namanya, sendi gerak adalah sendi yang dapat digerakkan secara leluasa. Nah, sendi gerak ini lah yang paling populer di antara sendi lainnya. Bukan, ini bukan karena dia paling gaul dan masuk ke dalam jajaran selebgram, tapi karena sendi ini cukup banyak sehingga bisa kita kategorikan lagi ke dalam beberapa sendi.
Apa aja tuh?
Berikut adalah macam-macam sendi berdasarkan arah gerakannya:
Macam-Macam sendi berdasarkan arah gerakan
Sendi Geser (plane)
Sendi geser adalah sendi yang memungkinkan gerakan antar tulang yang satu menggeser yang lain. Contoh: Sendi pada pergelangan tangan ruas tulang belakang.
Sendi Engsel (hinge)
Sendi engsel merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan satu arah saja. Biasanya, sendi engsel hanya bisa diluruskan atau ditekuk. Ada yang sudah kebayang sendi ini ada di mana? Yak, betul. Sendi engsel ada pada tulang lutut dan siku.
Sendi Gulung (condylar)
Sendi gulung adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerak rotasi pada poros, tapi gerakannya terbatas. Contoh: pada hubungan ujung tulang telapak tangan (karpal) dengan ujung tulang jari tangan.
sendi-engsel,-geser,-dan-gulung
Sendi geser, engsel, dan gulung (sumber: Crashcourse via YouTube)
Sendi Putar (pivot)
Sendi putar adalah salah satu sendi yang gerakan salah satu ujung tulangnya mengitari/membuat gerakan berputar pada ujung tulang lain. Jadi, salah satu ujung tulang menjadi poros dan yang satunya bisa berputar di sana. Hayo, kayak apa? Yak, betul. Sendi ini lah yang membuat kepala kita bisa berputar dengan enak. Beda kan cara kepala kita berputar dengan burung yang hanya bisa menengok ke kanan dan kiri. Apalagi ikan. Cuma matanya aja lirak-lirik. Contoh sendi putar: sendi antara tulang atlas dan tulang tengkorak.
Sendi Peluru (ball and socket)
Bukan. Ini bukan sendi yang bisa nembak kok. Sendi peluru adalah sendi yang bisa bergerak ke segala arah. Bentuknya mirip bola dan tulang seperti mangkuk. Contoh: hubungan antara tulang lengan atas dan gelang bahu.
sendi-putar,-peluru,-pelana
Sendi putar, peluru, dan pelana (sumber: Crashcourse via YouTube)
Sendi Pelana (saddle)
Pasti pernah denger kata pelana kan? Iya, ada sendi yang fungsinya mirip seperti “pelana”. Sendi ini mampu membuat gerakan dua arah, yaitu ke arah samping dan depan. Salah satunya adalah sendi yang berada pada tulang pangkal ibu jari.

3. Otot
  • Fungsi Otot
fungsi otot ada bermacam-macam, yaitu sebagai berikut :
  1. melakukan gerakan tubuh
  2. membantu peredaran darah
  3. pernapasan
  4. proses pencernaan
  5. keseimbanagn
  6. mengatur postur tubuh
  7. membantu proses melahirkan
  8. penglihatan
  • tiga jenis jaringan otot
  1. otot rangka

Otot rangka adalah otot yang melekat pada tulang dan dapat bergerak secara aktif untuk menggerakkan tulang sehingga disebut alat gerak aktif. berat otot rangka adalah 40% dari berat badan. Pada wajah, otot melekat pada kulit dan akan bergerak jika berkontraksi.
Fungsi otot rangka adalah sebagai berikut :
  • Otot menggerakkan tulang untuk melakukan gerakan.
  • Menopang dan mempertahankan postur tubuh. Otot menopang rangka dan mempertahankan tubuh dari gaya gravitasi bumi saat berada dalam posisi berdiri atau duduk.
  • Produksi panas. Metabolism kontraksi otot dapat menghasilkan panas untuk mempertahankan suhu normal tubuh.


Otot rangka pada tubuh

 stuktur otot rangka
Area otot rangka terdiri atas kepala otot (muskulus kaput), empal otot (musculus venter) dan ekor otot (muskulus kaudal). Kepala otot dan ekor otot merupakan jaringan ikat padat kuat yang disebut tendon. Tendon adalah tempat melekatnya otot pada tulang. Tendon dibagi menjadi dua jenis, yaitu origo dan insersio. Origo adalah ujung otot (kepala otot) yang melekat pada tulang yang tidak bergerak ketika otot lain (ekor otot) yang melekat pada tulang yang tidak bergerak ketika otot berkontraksi. Insersio adalah bagian ujung otot lain (ekor otot) yang melekat pada tulang yang bergerak ketika otot berkontraksi. Empal otot merupakan area otot bagian tengah yang bentuknya menggembung. Terdiri atas berkas-berkas otot, dan aktif dalam berkontraksi.
Secara keseluruhan otot dibungkus oleh selapis jaringan ikat agak padat yang disebut epimisium. Didalam epimisium terdapat beberapa berkas seerat-serat otot yang disebut fasikulus. Setiap fasikulus dibungkus oleh selubung tipis perimisium. Sel serat otot secara individual dibungkus oleh jaringan ikat halus endomisium. Dibawah endomisium terdapat membrane sel otot yang disebut sarkolema.

Gambar Struktur otot rangka
Gambar Struktur otot rangk
sumber : https://sel.co.id/otot-rangka-serta-penjelasan-strukturnya-lengkap/
2. otot polos
Otot polos merupakan suatu golongan otot tak sadar mapun juga akan bekerja secara refleks. Otot polos merupakan suatu otot yang jaringannya terdiri atas sel-sel otot yang polos yang di mana juga mempunnyai bentuk polos seperti gelendong dengan kedua buah ujung yang akan meruncing ataupun juga akan melancip serta mempunyaii satu inti tunggal tersebut.
Otot polos yang ada pada tubuh membentuk suatu lapisan yang ada pada alat-alat di dalam tubuh manusia. Otot polos juga terdapat beberapa alat maupun u organ pencernaan dan pembuluh darah, salah satu contohnya adalah membentuk dinding usus, dinding rahim dan saluran kelamin.
Ciri – Ciri Otot Polos
  • Mempunyai bentuk seperti gelondong
  • Kedua ujungnya yang meruncing
  • Terdapat pada saluran peredaran darah atau juga organ pencernaan
  • Berkontraksi secara refleks
  • Tidak akan terdapa mempuyai garis melintang seperti halnya otot lurik
  • Tiap sel otot polos mempunyai satu inti sel tunggal yang dimana letaknya yang berada di tengah
  • Termasuk otot tak sadar
  • Waktu kontraksi otot polos yang akan bekisar 3 hingga 180 detik
  • yang akan Bereaksi lambat
  • Tidak mudah lelah (akan terus-menerus bekerja walauupun kita tidur ).


3. otot jantung

Perkembangan Tulang (Osteogenesis)
Proses pembentukan tulang disebut osteogenesis atau osifikasi.Perkembangan sel prekusor tulang dibagi ke dalam tahapan perkembangan yakni1. mesenchymal stem cells 2. Sel-sel osteoprogenitor 3. Pre-osteoblas 4.Osteoblas, dan 5. Osteosit matang. Setelah sel progenitor membentuk garisosteoblastik, kemudian dilanjutkan dengan tiga tahap perkembangan diferensiasisel yaitu proliferasi, pematangan matrik, dan mineralisasi. Faktor pertumbuhantulang tergantung pada herediter, nutrisi, vitamin, mineral, hormon, dan latihanatau stres pada tulang (Scalon dan Sanders 2007). Osifikasi adalah istilah lainuntuk pembentukan tulang. Osifikasi (osteogenesis) berdasarkan asalembriologisnya terdapat dua jenis osifikasi, yaitu ossifikasi intramembran yangterjadi pada sel mesenkim yang berdiferensiasi menjadi osteoblas di pusatossifikasi secara langsung tanpa pembentukan kartilago terlebih dahulu danosifikasi endokondral yaitu mineralisasi jaringan tulang yang dibentuk melalui pembentukan kartilago terlebih dahulu (Junqueira dan Carneiro 2005).a. Osifikasi intramembranPada osifikasi intramembran, perkembangan tulang terjadi secaralangsung. Selama ossifikasi intramembran, sel mesenkim berproliferasi ke dalamarea yang memiliki vaskularisasi yang tinggi pada jaringan penghubungembrionik dalam pembentukan kondensasi sel atau pusat osifikasi primer(Junqueira dan Carneiro 2005). Sel ini akan mensintesis matriks tulang pada bagian periperal dan sel mesenkimal berlanjut untuk berdiferensiasi menjadiosteoblas. Setelah itu, tulang akan dibentuk kembali dan semakin digantikan olehtulang lamela matang/dewasa. Proses osifikasi ini merupakan sumber pembentukan tulang pipih, salah satu diantaranya yaitu tulang pipih kepala. Padaawal perkembangan tulang pipih atap kepala, tulang yang baru dibentukdiendapkan pada pinggir dan permukaan tulang tersebut. Untuk tetap menjagaadanya ruang bagi pertumbuhan otak, rongga kranium harus membesar yaitudengan cara resorpsi tulang pada permukaan luar dan permukaan dalam olehosteoklas, bersamaan dengan terjadinya pengendapan tulang yang terus menerus pada kedua permukaan tulang (Junqueira dan Carneiro 2005).
otot yang menjadi penyusun dinding jantung yang meliputi dari sel-sel cardiomycocyte atau sel otot myocardiocyteal yang jumlahnya satu atau dua, namun ada pula yang berjumlah 3 ataupun 4 inti sel itupun sangat jarang sekali terjadi. Otot jantung disebut sebagai myocardium, myo berarti otot dan cardium berarti jantung. Otot jantung merupakan otot yang bergerak di bawah kesadaran yang tidak dipengaruhi oleh perintah otak ataupun saraf pusat. Otot jantung merupakan gabungan dari otot polos dan otot lurik, kenap begitu? Karena otot jantung mempunyai kesamaan-kesamaan, diantaranya yaitu otot jantung mempunyai daerah gelap dan terang, mempunyai banyak inti sel yang letaknya berada di tengah seperti otot lurik, sedangkan untuk otot polos mempunyai kesamaan sifat seperti bergerak secara involunter. Otot ini bekerja tanpa lelah, tanpa ada isirahat yang membuat dara akan terus mengalir, itu artinya manusia tetap hidup, dan apabila berhenti maka akan membuat manusia meninggal. Otot jantung bisa terus bekerja tanpa istirahat itu karena memiliki sejumlah mitokondria, mioglobin dan juga suplai darah sehingga bisa memungkinkan terjadinya metabolisme aerobik secara terus menerus dan adanya suplai nutrisi dan oksigen.

Otot jantung terletak di daerah yang sangat penting atau vital bagi tubuh karena merupakan kunci nyawa manusia, karena itulah otot jantung mempunyai fungsi-fungsi penting bagi tubuh. Fungsi otot jantung adalah sebagai berikut.
  • Untuk membantu memompa darah ke seluruh tubuh.
  • Sel-sel pada jantung dapat membantu dalam kontraksi sel lainnya.
  • Untuk membersihkan tubuh dari hasil metabolisme atau karbondioksida.
  • Untuk menunjang kerja organ jantung.
  • Untuk meremas darah sehingga darah bisa keluar dari jantung ketika berkontraksi dan mengambil darah pada relaksasi.
  • Otot jantung menyediakan cara pemompaan ventrikel pada jantung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bidang miring

struktur dan fungsi akar

prinsip pesawat sederhana dalam gerak manusia