sendi

Sendi dapat di artikan sebagai penghubung antar tulang agar tulang tersebut bisa di gerakan. sedangkan hubungan antar tulang di namakan dengan persendian atau artikulasi. sendi dapat anda temukan pada hewan atau manusia. Kemudian, untuk fungsi dari sendi ialah sebagai memberikan fleksibilitas dan pergerakan di tempatnya, fungsi lain dari sendi adalah sebagai poros anggota gerak.

ada beberapa sendi di dalam tubuh yang hanya mampu memberikan sedikit pergerakan, akan tetapi fungsinya tersebut sangat penting dalam memberikan kestabilan pada tubuh. Jumlah keseluruhan sendi yang ada di dalam tubuh ialah 360 sendi.
Beberapa Jenis sendi berdasarkan arah pergerakannya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sendi Engsel : merupakan sendi yang dapat memungkinkan adanya pergerakan satu arah saja, umumnya sendi engsel ini hanya dapat di tekuk atau di luruskan. contoh dari sendi engsel ialah sendi pada tulang lutut dan siku.
  • Sendi Pelana : adalah salah satu sendi yang dapat memungkinkan adanya pergerakan dua arah. Contoh dari sendi pelana adalah sendi pada ruas telapak tangan.
  • Sendi Peluru : merupakan sendir yang dapat terjadinya kemungkinan pergerakan ke segala arah. Contohnya pada tulang paha dan bahu.
  • Sendi Putar : Suatu sendi yang menggerakan tulang yang berputar kepada tulang lainnya. Contohnya adalah sendi pada tulang atlas.
  • Sendi Geser : yakni sendi yang bekerja menggerakan tulang dari satu menggeser tulang yang lainnya. Contohnya adalah persendian antar tulang karpal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bidang miring

struktur dan fungsi akar

prinsip pesawat sederhana dalam gerak manusia